Woensdag 27 Maart 2013

RPP TEMATIK KELAS 3 SD tema Kesehatan


RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Ketrampilan Berbahasa Indonesia di Kelas Rendah
Dosen Pengampu : Mudzanatun, S.Pd, M.Pd




Dhennis Yanuar Putra ( 11120159 )
3 D / ( PGSD )

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
2012/2013






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Tema                    : Kesehatan
Kelas                     : III
Semester               : I (Satu)
Alokasi  Waktu    : 1 x 35  menit (1 pertemuan).

A.    Standar Kompetensi
1.      Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah
dan sekolah. (Ilmu Pengetahuan Sosial)
2.      Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan
dan upaya menjaga kesehatan lingkungan. ( Ilmu Pengetahuan Alam )

B.     Kompetensi Dasar
1.1      Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
(Ilmu Pengetahuan Sosial)
2.2   Mendeskripsikan  kondisi lingkungan yang berpengaruh  terhadap
        Kesehatan. ( Ilmu Pengetuhuan Alam)

C.    Indikator
1.      Melakukan perawatan lingkungan disekitar  rumah.
 (Ilmu Pengetahuan Sosial)
2.      Mengidentifikasi  macam-macam pencemaran lingkungan 
(Ilmu Pengetahuan Alam)

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui penjelasan dari guru tentang  perawatan lingkungan,  siswa mampu  memahami perawatan lingkungan di sekitar rumah dengan benar.
2.      Melalui pengamatan gambar tentang pencemaran lingkungan, siswa dapat memberikan 3 contoh pecemaran lingkungan dengan benar.
3.      Melalui penjelasan dari guru tentang pencemaran lingkungan, siswa mampu memahami  penyebab  pencemaran lingkungan dengan jelas.
E.     Karakter siswa yang diharapkan
1.         Dapat dipercaya ( Trustworthines)
2.         Tekun ( diligence )
3.         Tanggung jawab ( responsibility )
4.         Berani ( courage )

F.     Materi Pokok
1.      Kerja sama di lingkungan rumah.
2.      Mengidentifikasi pencemaran lingkungan.

G.    Metode Pembelajaran
a.         Metode Ceramah
b.         Metode Tanya Jawab
c.         Metode Diskusi
d.        Metode Penugas





H.    Langkah-langkah Pembelajaran
No
Langkah-langkah Pembelajaran
Waktu
Karakter
1.






2.




















































3.
Kegiatan Awal
a.       Menyiapkan pesrta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran dengan berdoa.
b.      Guru melakukan presensi terhadap peserta didik.
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan KKM yang dicapai.
d.       
Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a.       Guru memperkenalkan kepada siswa pengertian mengenai lingkungan alam dan lingkungan buatan. serta memberikan contoh-contohnya.
b.      Guru memberikan contoh kepada siswa tentang macam-macam pencemaran lingkungan
c.       Guru menjelaskan kepada siswa tentang penyebab pencemaran air,udara dan tanah.
d.      Guru menjelaskan kepada siswa tentang arti pentingnya dalam memelihara kesehatan di lingkungan sekitar.
e.       Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan.
Ø  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.       Guru meminta siswa untuk berkelompok, satu kelompok terdiri dari 4-5 orang, dan memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, berdiskusi mengenai bagaimana cara memelihara lingkungan alam dan lingkungan buatan
b.      Dengan bimbingan guru, siswa melakukan kegiatan diskusi mengenai cara memelihara lingkungan sekitar dengan baik untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
c.       Guru mengajak siswa untuk membahas mengenai macam-macam pencemaran lingkungan serta penyebabnya.
d.      Dalam kelompok, siswa dapat memahami akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan dan bagaimana cara untuk memelihara lingkungan dengan baik dan benar.
e.       Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
f.       memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;.
g.      Salah satu perwakilan siswa dalam kelompok maju mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai cara menjaga lingkungan di sekitar rumah.
Ø   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
b.         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
c.         Guru memberikan penguatan pada kelompok yang telah presentasi
d.        Guru memberikan umpan balik terhadap hasil diskusi.

Kegiatan Akhir
a.              Siswa bersama-sama merangkum materi
b.             Membagi lembar tes formatif dan siswa mengerjakan.
c.              Menilai hasil kerja siswa
d.             Memberi penugasan untuk pertemuan selanjutnya




5 menit

















20 menit
























10 menit


I.       Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
a.    Sumber belajar
Buku Bahasa Indonesia di Kelas Rendah Relevan Kelas III
b.    Media pembelajaran
Gambar-gambar

J.      Penilaian
1.    Tehnik penilaian
-     Tes dalam proses            : berupa lembar pengamatan
-     Tes akhir                        : Tes Formatif (tertulis)
2.    Bentuk  tes                         : Isian
3.    Instrumen Tes                     : terlampil

PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian




Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen




IPS ( Ilum Pengetahuan Sosial)


IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam)



Tes Lisan dan Tes Tertulis

Isi dan Uraian
Ø Jelaskanlah cara melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah
Ø Sebutkan macam-macam pencemaran lingkungan
Ø Jelaskanlah penyebab pencemaran air
Ø Jelaskanlah penyebab pencemaran udara
Ø Sebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan










CATATAN
Nilai = (Jumlah sekor X 25 )




Rubrik Penilaian Ketrampilan Proses
              
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1
Partisipasi / keaktifan
-      Partisipasi aktif dalam melaksanakan tugas kelompok, merumuskan konsep, bertanya.
-      Cukup berpartisipasi dalam melaksanakan tugas kelompok.
-      Kurang berpartisipasi dalam melaksanakan tugas kelompok.
A


B

C
2
Keantusiasan / Inisiatif
-      Antusia dalam melaksanakan tugas kelompok, rasa ingin tahu tinggi, bersemangat.
-      Cukup antusias dalam melaksanakan tugas
-      Kurang antusias dan tidak aktif.
A

B
C
3
KerjaSama
-      Mampu menciptakan masyarakat belajar, membantu teman lain, berbagi tugas dalam kelompok.
-      Cukup mampu menciptakan masyarakat belajar, membantu teman lain, berbagi tugas dalam kelompok.
-      Kurang mampu menciptakan masyarakat belajar, membantu teman lain.
A


B


C

Keterangan      A : 76-100
B : 60-75
C : 0-50

Lembar Pengamatan
Kerja Kelompok
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai dan bobot nilai
Jumlah skor
Nilai Akhir
Keaktifan
Inisiatif
Kerjasama
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15








Keterangan
NilaiPengamatan : jumlah sekor x 100

LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

Semarang, 13 Desember 2012

Mengetahui,                                                               Guru Kelas,
        Kepala Sekolah                                                                                              

                                                                            Dhennis Yanuar Putra, S.Pd.SD
NIP/NIK :                                                             NIP/NIK : 199401090036011

LAMPIRAN

BAHAN AJAR
( ILMU PENGETAHUAN SOSIAL)
A.    Cara memelihara Lingkungan Alam dan Buatan di Sekitar Rumah
Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita. Lingkungan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Lingkungan alam merupakan segala sesuatu yang ada di alam dan diciptakan oleh Tuhan. Contoh lingkungan alam yang ada di muka bumi, antara lain pegunungan, sungai, danau, serta  pantai dan laut. Sedangkan Lingkungan Buatan merupakan segala sesuatu yang dibuat oleh manusia dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contoh lingkungan buatan adalah waduk, lahan pertanian, tambak, perkebunan, dan permukiman penduduk. Lingkungan alam dan buatan harus dijaga dan dipelihara dengan sebaik-baiknya karena kelestariannya akan terus memberikan manfaat bagi manusia. Berikut beberapa cara dalam memelihara lingkungan alam dan buatan yang ada di sekitar kita.

1.      Cara Memelihara Lingkungan Alam
a.       Menjaga Kelestarian  Air
Setiap makhluk hidup membutuhkan air. Manusia membutuhkan air untuk minum, mandi, mencuci, memasak, dan lain-lain. Semua makhluk hidup membutuhkan air. Air yang kotor atau tercemar tidak dapat dimanfaatkan dan dapat membahayakan kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan.
Kelestarian air dapat dijaga dengan cara antara lain:
1) tidak membuang sampah di sungai atau saluran air;
2) melakukan kegiatan penghijuan atau penanaman pohon yang dapat berfungsi sebagai penahan dan penyimpan air;
3) menggunakan air sesuai kebutuhan.
4) Air bekas cucian dan mandi diusahakan tidak langsung meresap ke dalam tanah, tetapi dialirkan ke saluran pembuangan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi pence- maran air tanah.
Air untuk mencuci,Air untuk  memasak,Air untuk minum harus direbus lebih dulu.
b.      Menjaga Kelestarian  Udara
Setiap makhluk hidup di bumi membutuhkan udara. Tanpa udara semua makhluk hidup akan mati. Udara perlu dijaga kebersihannya. Asap pabrik dan asap kendaraan bermotor dapat menyebabkan terjadinya pencemaran udara. Untuk mengurangi pencemaran udara, pabrik-pabrik yang besar harus menggunakan cerobong asap. Udara yang bersih baik untuk kesehatan badan. Untuk mengurangi terjadinya pencemaran udara sebaiknya di kanan kiri jalan ditanami pohon.
c.       Menjaga Kesuburan Tanah
Tanah merupakan tempat hidup bagi makhluk hidup. Semuah hasil pertanian, perkebunan, tambang, dan hasil bumi lainnya berasal dari tanah. Untuk menjaga kelestarian tanah tanamilah tanah kosong di sekitarmu agar tidak tandus. Kelestarian tanah juga dapat dilakukan dengan cara tidak membuang
 membuang sampah di sembarang tempat harusnya di pembuangan sampah yang semestinya.

2.      Cara Memelihara Lingkungan Buatan
a.       Menjaga Ketertiban Lingkungan
Lingkungan yang aman, tertib, dan tenteram menjadi harapan semua orang. Oleh karenanya, setiap warga harus menjaga keamanan dan ketertiban.
b.      Menjaga Kebersihan  Lingkungan
Kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab setiap orang. Di kompleks perumahan ini menjadi bersih karena setiap minggunya diadakan kerja bakti. Ada yang membersihkan saluran air, ada yang mendorong gerobak sampah, ada yang mencangkul, meratakan tanah, dan ada yang membersihkan rumput liar. Anak-anak juga ikut serta, dengan mengumpulkan sampah dan membuangnya ke tempat sampah. Sekarang kompleks perumahan tersebut menjadi bersih dan mencegah berjangkitnya berbagai penyakit. Kamu harus selalu menjaga lingkungan tempat tinggalmu agar selalu bersih dan sehat.
c.       Menjaga Kebersihan Akuarium
Akuarium termasuk dalam lingkungan buatan. Di dalamnya berisi ikan dan berbagai benda buatan, Seperti, batu karang, tanaman hias, kerikil, dan sebagainya. Akuarium harus selalu dijaga kebersihannya. Oleh karena itu, seminggu sekali
akuarium harus dibersihkan. Airnya yang kotor harus rutin diganti. semua itu akan membuat ikan hidup dengan sehat. Akuarium yang bersih menjadi indah dipandang mata.

(ILMU PENGETAHUAN ALAM)
A.    Pencemaran Lingkungan
Merupakan suatu lingkungan yang tidak sehat yang dikarenakan ulah manusia
itu sendiri. Ada beberapa fakto yang menjadi penyebab dan akibat dari pencemaran lingkungan tersebut, hal itu akan diuraikan sebagai berikut :
1.      Pencemaran Udara
Pencemaran udara merupakan pencemaran yang disebabakan udara yang sudah kotor. Hal ini dikarenankan asap kendaraan bermotor, asap pabrik dan asap rokok. Misal Kendaraan bermotor menggunakan bahan bakar bensin atau solar. Dari pembakaran itu menimbulkan asap yang dapat membahayakan tubuh kita. Hal ini karena mengandung gas beracun, yaitu karbon monoksida (CO)
2.      Pencemaran Air
Selain menghasilkan asap, pabrik juga menghasilkan limbah. Limbah mengandung zat-zat kimia berbahaya. Jika limbah pabrik dibuang ke sungai dapat menyebabkan pencemaran air. Limbah
rumah tangga juga penyebab pencemaran air. Misalnya, air bekas cucian dan air limbah dari WC. Ciri-ciri air yang tercemar antara lain, berbau, dan berwarna. Sebaliknya, air yang bersih tampak jernih (tidak berwarna). Air bersih juga tidak berbau dan tidak berasa.
3.      Pencemaran Tanah
Plastik adalah bahan yang tidak dapat membusuk. Sampah plastik menyebabkan terjadinya pencemaran tanah. Sampah yang tertimbun berserakan membuat lingkungan kotor. Selain sampah, racun serangga juga dapat mencemari tanah. Sampah dapat menyuburkan tanah. Caranya dengan menimbun sampah tersebut dengan tanah. Tumbuhan dan hewan yang membusuk, kotoran hewan, dapat dibuat pupuk kompos dan pupuk kandang. Pupuk dapat membuat tanaman tumbuh subur.
Akibat dari pencemaran lingkungan terhadap kesehatan antara lain :
1.      Udara yang Kotor
Udara kotor dapat memengaruhi kesehatan kita. Misalnya, mata kita menjadi pedih jika terkena asap. Pernapasan juga menjadi sesak. Pencemaran udara dapat menimbulkan penyakit pernapasan seperti penyakit paru- paru.
2.      Sungai yang Tercemar
Sungai yang tercemar mengakibatkan ikan-ikan tidak dapat hidup. Zat pencemar yang terkandung di air sungai bersifat racun sehingga dapat mematikan ikan. Kita juga tidak dapat menggunakan air tercemar untuk memenuhi kebutuhan. Karena Air yang tercemar dapat menyebabkan penyakit kulit dan diare. Jika masyarakat menggunakannya untuk mandi dan mencuci, kulit dapat menjadi gatal. Jika menggunakan air tercermar untuk memasak, kita dapat mengalami diare.
B.     Cara Memelihara Kesehatan Lingkungan      
Syarat-syarat rumah sehat antara lain sebagai berikut.
1.  Terdapat ventilasi pertukaran cahaya matahari dan udara.
2.  Ada kamar mandi dan WC yang bersih.
3.  Ada saluran pembuangan limbah yang bersih.
4.  Ada sumber air yang bersih.
5. Ada tempat pembuangan sampah tertutup dan bersih.
6.  Ada halaman rumah yang bersih.
Hal-hal yang diperhatikan untuk menciptakan halaman yang bersih adalah sebagai berikut.
1.  Menanam tumbuhan rindang dan menghasilkan buah, Misalnya  jambu,  mangga,  dan  rambutan.  Untuk mempercantik halaman dapat ditanam tumbuhan berbunga. Misalnya, mawar, anggrek, dan melati.
2. Membuat selokan air. Selokan air membuat air tidak menggenang. Air yang menggenang dapat menjadi sarang nyamuk.
3.  Membersihkan sampah di halaman rumah secara teratur setiap hari.
4.  Menjaga halaman rumah tidak lembap. Oleh karena itu, usahakan cukup cahaya matahari. Tumbuhan dapat membuat udara bersih, sejuk, dan segar. Jangan terlalu sering menggunakan bahan-bahan yang mengandung zat beracun. Misalnya, detergen dan racun pembasmi hama. Jangan pula membuat WC atau jamban di sungai.
Hal-hal berikut dilakukan untuk menjaga udara agar tetap bersih.
1.  Menanam tumbuhan untuk penghijauan.
2.  Membuang sampah pada tempatnya.
3.  Merawat kendaraan agar tidak mengeluarkan asap terlalu banyak.
4.  Tidak merokok.



EVALUASI
A.    Pilihlah jawaban paling tepat!
1. Alam semesta adalah ciptaan ….
a.  manusia                           c.  Tuhan Yang Maha Es
b. nenek moyang                 d.  pahlawan
2. Kita harus senantiasa berusaha… kelestarian lingkungan.
a.  memanfaatkan                 c.  merusak
b. membiarkan                     d.  Menjaga
3. Kebersihan lingkungan harus dijaga dengan cara... setiap minggu
a. mengawasi                           c. Membiarkan
b. kerjabakti                            d. Berkumpul
4. Semua makhluk hidup membutuhkan udara,tanpa udara makhluk hidup akan ...
 a.  mati                                   c.  senang
b.  sehat                                   d.  nyaman
5.  Cara menjaga agar udara tetap bersih dan segar adalah . . . .
a.  merokok                                                     c.  menebang pohon
b.  membuang sampah pada tempatnya          d.  membuang limbah
6.  Penyakit yang disebabkan oleh pencemaran udara adalah . . . .
 a.  muntaber                                     c.  penyakit kulit
b.  penyakit paru-paru                      d.  kadas
7.  Limbah plastik yang dibuang ke sungai dapat menyebabkan . . . .
a.  pencemaran air                           c.  pencemaran udara
b.  pencemaran darat                       d.  pencemaran suara
8.  Sampah berikut yang dapat membuat tanah menjadi subur adalah . . . .
a.  plastik                                          c.  daun-daunan
b.  kaleng                                         d.  Kardus


9.  Hal-hal berikut yang dapat membuat udara menjadi bersih . . . .
 a.  hewan                                          c.  asap
b.  tumbuhan hijau                            d.  mobil
10.  Cara memelihara lingkungan yang sehat adalah . . . .
a.  merokok                             c.  membuang sampah di sungai
b.  menanam tumbuhan           d.  membersihkan dana

B. Isilah dengan jawaban yang benar!.
1. Rumah bermanfaat sebagai tempat ….
2.  Hutan yang lebat dapat mencegah ….
3.  Ketertiban dan keamanan lingkungan harus….
4.  Melestarikan lingkungan alam dan buatan bermanfaat untuk….
5.  Perkebunan teh diusahakan di daerah yang udaranya ….
6. Gas beracun dalam asap kendaraan bermotor adalah . . . .
7.  Sampah dari bahan plastik dapat menyebabkan pencemaran . . . .
8. Udara yang bersih mengandung gas . . . .
9.  Selokan yang tersumbat oleh sampah akan menyebabkan . . . .
10.  Tujuan dari penghijauan adalah . . .

B.     Jawablah dengan benar!
1.    Jelaskanlah cara melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah!
2.     Sebutkan macam-macam pencemaran lingkungan?
3.    Tulisakan  penyebab pencemaran air!
4.    Jelaskanlah penyebab pencemaran udara!
5.    Sebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan?

NILAI AKHIR
( Jumlah skor X 4 = 100)

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking